Membuat Read More Manual di Blog

Membuat Read More Manual di Blog, Read more atau baca selengkapnya digunakan untuk memotong sebagian postingan di blog, agar tampilan blog di halaman awal atau Home page  bisa kelihatan lebih rapi dan menghemat tempat. Dengan menambahkan fungsi Readmore pada Blog, Blog kita akan terlihat lebih
rapi dan profesional. Ada dua versi atau dua cara dalam membuat Read more di blog. Cara yang pertama atau pada artikel ini, adalah cara yang manual. sedangkan membuat Read more secara otomatis atau lebih dikenal dengan istilah Auto read more bisa di baca di artikel Membuat Auto read more di blog.

Kita bisa Membuat Read More secara Manual di Blog. akan tetapi cara ini sepertinya sudah banyak ditinggalkan oleh para blogger karena jelas tidak efektif. mengapa cara ini kurang efektif? karena setiap kita posting, kita diharuskan menambahkan beberapa kode pada postingan kita, dan tulisan mana yang akan di tampilkan di depan. dengan cara seperti ini, jumplah karakter pastinya akan berbeda pada tiap posting dihalaman depan.

Akan tetapi cara Membuat Read More Manual di Blog juga mempunyai kelebihan dibanding dengan yang auto read more. Bagi yang tidak suka menggunakan javascript di blog, ini bisa kita gunakan untuk alternatif mengurangi penggunaan java script tetapi tetap membuat blog tampil profesional. Dan berikut ini Cara Membuat Read More Manual di Blog.

  1. Masuk / login ke blogger.
  2. Klik Pengaturan, dan pilih pada pengaturan Format. dan di kotak paling bawah, isikan kode berikut: <span class="fullpost"></span>
  3. Jangan lupa untuk Simpan Pengaturan.
Berikutnya,pindah ke Edit HTML. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan pada edit template nantinya, back up dulu data template blog  dengan klik di Download Template Lengkap.
  1. Klik kotak kecil disamping tulisan Expand Template Widget
  2. Cari kode seperti ini <data:post.body/>
  3. Hapus kode yang seperti diatas tersebut, lalu ganti dengan kode yang seperti ini.
  4.  <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
    <style>.fullpost{display:inline;}</style>
    <p><data:post.body/></p>
    <b:else/>
    <style>.fullpost{display:none;}</style>
    <p><data:post.body/>
    <a expr:href='data:post.url'><strong>Selengkapnya…</strong></a></p>
    </b:if>
  5. Kemudian akhiri dengan Simpan Template.
Cara Posting

Cara posting artikel seperti biasa, klik posting. Dan di kotak postingan,akan ada kode seperti ini. <span class="fullposts"> </span> Tulis postingan kamu yang ingin di tampilkan di depan, sebelum kode <span class="fullposts">lalu sisa dari seluruh postingan dibawahtulisan <span> sampai </span>.dan klik Mempublikasikan Posting.

Itulah bagaimana cara Membuat Read More Manual di Blog. jika ingin membuat yang lebih simpel dan praktis, bisa menggunakan Auto read more. silahkan baca. dan semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment